Selasa, 11 November 2014

PENGERTIAN EFTA, ADB dan EU



PENGERTIAN EFTA : organisasi perdagangan bebas antara empat negara eropa (Islandia, Liecchtenstein, Norwegia, dan Swiss) yang beroperasi secara paralel dan terkait dengan Uni Eropa (EU). EFTA didirikan ppada tanggal 3 Mei 1960 sebagai blok perdagangan alternatif bagi negara-negara Eropa yang tidak bisa atau tidak mau bergabung dengan Masyarakat Ekonomi Eropa (EEC) yang kini menjadi Uni Eropa.

PENGERTIAN ADB : Asian Development Bank (ADB) adalah lembaga perkembangan keuangan yang bersifat multilateral, dimana jumlah anggotanya sudah mencapai 63 negara termasuk 45 negara Asia dan pasifik, serta18 negara belahan dunia. ADB memiliki cita- cita yaitu ingin memberantas kemiskinan yang ada di dunia.

Untuk mencapai ini, maka ADB mendukung segala aktifitas yang dilakukan oleh negara anggotanya yaitu menekan pertumbuhan angka kemiskinan ,pengembangan sosial dan serta pemerintahan. Ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang yang di mulai tahun 2001-2015, ADB menjalankan kegiatan aktivitasnya dengan tiga tema: yaitu perkembangan sektor pribadi, kerjasama daerah, dan ketahanan lingkungan.

PENGERTIAN EU : Uni Eropa (UE) sendiri adalah organisasi internasional negara-negara Eropa yang dibentuk untuk meningkatkan integrasi ekonomi dan memperkuat hubungan antara negara-negara anggotanya. Bentuk kerjasama yang unik karena bukan hanya meleburkan batas wilayah dalam artian yang sempit. Namun, kerjasama ini lebih kepada pembentukan satu struktur pemerintahan di Eropa.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar